Skip to main content

Algoritma dan Flowchart

Nama             : Ghifary Arhabizhafran Yasin
NPM             : 54414518
Kelas             : 1IA17
Mata Kuliah   : Teknik Informatika
Dosen            : Kunto Bayu A, ST





Sebelum kita tahu membuat diagram menggunakan simbol atau istilahnya flowchart, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu algoritma.


Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam menuliskan pemrograman sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematika.

Hal yang sangat penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Kadang-kadang ada masalah matematika yang jika ditulis sangat gampang, tapi menjadi sulit jika diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman. Jika kita temukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah tersebut. Penerapan Algoritma tidak hanya diterapkan pada dunia komputasi, tetapi Algoritma juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari
Membuat algoritma mie goreng :

  1. Mengambil mie goreng di dalam lemari kemudian meletakkan di dapur
  2. Menyiapkan peralatan yang diperlukan seperti panci, gunting, piring, serta sendok dan garpu.
  3. Memasukkan bumbu mie goreng pada piring
  4. Menghidupkan kompor, kemudian menuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke dalam panci kemudian  menunggu hingga air mendidih.
  5. Memasukkan mie goreng ke dalam air mendidih, lalu mengaduk dan menunggu hingga tiga menit.
  6. Meniriskan air di dalam panci, kemudian menuangkan mie pada piring.
  7. Mengaduk mie agar bumbu tercampur merata pada mie kemudian menyajikan dalam keadaan hangat.

Sedangkan dalam dunia komputasi, contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C++, Visual Basic, dan masih banyak lagi. Dengan syntax pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun program-program dan terlahirlah software.

Setelah kita tahu pengertian algoritma, kemudian kita akan mempelajari pengertian flowchart.

Flowchart/diagram alir adalah metode untuk menggambarkan tahap-tahap penyelesaian masalah, beserta aliran data dengan simbol-simbol standar yang mudah dipahami. Dalam kehidupan sehari-hari, flowchart banyak digunakan di pusat-pusat layanan seperti kantor pemerintahan, bank, rumah sakit, organisasi masyarakat, dan perusahaan.

Tujuan penggunaan flowchart adalah untuk menyederhanakan rangkaian proses atau prosedur untuk memudahkan pemahaman pengguna terhadap informasi tersebut. Oleh karena itu, design sebuah flowchart harus ringkas, jelas, dan logis.

Symbol-symbol Flowchart :




Berikut ini adalah contoh sebuah flowchart mengenai bilangan ganjil dan genap.

·       

Persamaan algoritma dan flowchart adalah merincikan suatu proses dari awal sampai akhir.
Perbedaan algoritma dan flowchart adalah kalau algoritma menjelaskan suatu proses tanpa menggunakan simbol sedangkan flowchart menjelaskan suatu proses menggunakan simbol-simbol tertentu.

Sumber:
http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Sistem Multimedia

Dasar-Dasar Multimedia Multimedia merupakan suatu konsep di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner maupun interaktif.

Sentiment Analisis Facebook Tentang Sara

Alya D 50414915 Ghifary Arhabizhafran Y 54414518 M Akbar 57414064 Zahra F 5C414621 Langkah-langkah: Install Python. In case Python yang kami gunakan yaitu Python 2.7 Setelah installan selesai kemudian mengatur Path pada Python dengan cara sebagai berikut: